Pada hari Rabu, 09 September 2020 Balai Wilayah Sungai Sumatera VII melalui Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan SDA menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Kemitraan Pemerintah – Perguruan Tinggi – Komunitas Peduli Sungai dalam rangka Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA).
Acara dibuka oleh Gubernur Bengkulu yang diwakilkan oleh Bapak H. Gotri Suyanto, SE, M. Soc. Sc selaku Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu. Yang dimana beliau menyampaikan dukungan bahwa kegiatan Kemitraan antar Pemerintah Daerah dan Masyarakat harus selalu terikat erat dalam rangka penyelamatan air. Alam bengkulu yang asri dan indah perlu dilestarikan melalui para pegiat alam.

Selain itu acara ini diisi oleh dua narasumber yakni Bapak Dr. Eka Nugraha Abdi, ST, MPPM dari Direktorat Bina OP, Ditjen SDA, Kementerian PUPR dan Bapak Ir. Sumudi Kartono, Sp.1 dari Sekretariat Pokja Revitalisasi GN-KPA Kementerian PUPR.

Acara dilanjutkan pada hari kamis, 10 September 2020, yakni sebagai acara puncak dan penanaman pohon di bendung Air Lais kabupaten Bengkulu Utara. Dalam sambutannya Bapak Ir. H. Mian selaku Bupati Bengkulu Utara menyampaikan bahwa “Bendung Air Lais menjadi simbol penyelamatan air serta kebanggan masyarakat Bengkulu Utara. Penyelamatan air di Bengkulu Utara masih dibutuhkan dan harus dipertahankan. Bengkulu Utara masih butuh banyak Komunitas Peduli Sungai baru untuk terus berkembang, melakukan inovasi baru dan menumbuhkan kesadaran ditengah kalangan masyarakat”.

Beliau juga menuturkan “di Bengkulu Utara merupakan kawasan hijau yang sangat perlu dijaga kelestariannya, dengan kegiatan ini diharapkan dapat memperat kebersamaan dan kekompakan kita semua dalam merawat air dan melestarikan alam. Diharapkan semua penggiat (Pemerintah, Perguruan Tinggi, Masyarakat (Komunitas Peduli Sungai) semakin memupuk rasa memiliki serta kerja sama”.
Sambutan Direktur Bina Operasi, Ditjen SDA, Kementerian PUPR yang diwakili oleh Bapak Dr. Eka Nugraha Abdi, ST, MPPM selaku Kasubdit OP Wilayah II, Dit. Bina OP, Kementerian PUPR menegaskan kembali bahwa pelaksanaan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air ( GN-KPA ) adalah Relationship, Responsibility, dan Leadhership. Dan Pelaksanaan GN-KPA di Bengkulu masih perlu bimbingan Bapak Bupati serta Pemeritah Daerah setempat yang nanti bisa berkolaborasi dengan rekan-rekan kami di BWS Sumatera VII. Kegiatan kali ini juga terdapat Penanaman Pohon yang dapat dijadikan momentum strategis dalam upaya untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan serta sebagai bagian dari upaya konservasi sumber daya air”, pungkasnya.

Bapak Ir. Sumudi Kartono, Sp.1 dari Sekretariat Pokja Revitalisasi GN-KPA Kementerian PUPR, mengajak Agar bisa menyatukan persepsi dan komitmen untuk mensukseskan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA). GN-KPA tidak akan berhasil tanpa dukungan dan peran semua pihak, tegas beliau.

Adapun penyerahan bibit pohon yakni sebanyak 200 bibit, diperoleh dari Balai Wilayah Sungai Sumatera VII.

Kontributor : Sumatera VII

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here