Pada hari Senin 25 Januari 2021, Sekretariat Pokja Revitalisasi GN-KPA mengikuti kegiatan Launching Penanaman Pohon Di Rumija Tol Bakauheni – Palembang di Rest Area Km 87A, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol melakukan upaya penghijauan dengan melakukan penanaman pohon sebanyak 6.600 pohon di sepanjang koridor jalan tol dan rest area Tol Bakauheni- Terbanggi Besar – Kayu Agung.

Acara launching dibuka oleh Bapak Dr. Ir. M. Basuki Hadimulyono, M.Sc (Menteri PUPR) dan dihadiri pula oleh Dihadiri oleh : Dr. Ir. Agung Budi Harto, M.Sc. (Direktur Utama PT. Hutama Karya), Ir. Destiawan Soewardjono, M.M.. (Direktur Utama PT. Waskita Karya), Dr. Ir. Hedy Rahadian, M.Sc (Direktur Jenderal Bina Marga), Ir. Sudirman, MM (Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat), Endra S. Atmawidjaja ST, M.Sc, DEA (Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan), Prof. Dr. Tech. Ir. Danang Parikesit, M.Sc (Kepala Badan Pengelola Jalan Tol, Kemeterian PUPR), Ir. Suroto (Direktur Operasi I, PT. Hutama Karya), dan Bapak Budi Purnomo (CEO PT. Taurus Gemilang Lestari).

Adapun pohon yang akan ditanam adalah jenis Eucalyptus (Kayu Putih), Gaharu dan Sereh, untuk strategi penanaman pohon akan dilakukan secara bertahap dengan konsep klaster. Penanaman pohon dilakukan per klaster yaitu sepanjang per 10 Km dan jumlah pohon yang akan ditanam ±15.000 pohon. Pada tahap awal penghijauan akan dilakukan 1 Km sebelum dan sesudah Rest area pada ruas jalan tol Bakauheni-Palembang.
Untuk membantu proses penghijauan ini, dilakukan kerjasama antara PT. Hutama Karya, PT.Taurus Gemilang Lestari dan Ikatan Pensiunan Pekerjaan Umum (IPPU) Wilayah Lampung.

Dalam keterangannya kepada peserta, Bapak Menteri PUPR mengatakan bahwa kegiatan ini bukan pertama kali dilakukan. Karena pada Hari Bakti PU ke-75 lalu telah diadakan penghijauan pada seluruh Infrastruktur Kementerian PUPR bersama seluruh balai-balai. Kegiatan sekarang ini dilakukan musim penghujan dan sebagai kepedulian akan isu perubahan iklim.

Selain itu ditambahkan oleh Kepala BPJT Danang Parikesit, bahwa penanaman pohon ini menjadi bagian dari rencana menghijaukan jaringan jalan tol di Indonesia yang berfokus pada penataan lansekap ruang terbuka hijau dan permasalahan perubahan iklim. Penghijauan ini dilakukan selain bermanfaat untuk mengatasi permasalahan perubahan iklim serta menjaga keberagaman hayati, juga dapat menghasilkan nilai komersial sebab tanaman tersebut cukup cepat tumbuh sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat.
Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar – Kayu Agung sepanjang 329 Km dilengkapi 9 rest area di lajur A yaitu, di Km 20, Km 49, Km 87 Km, Km 116, Km 163, Km 208, Km 234, Km 277, dan Km 311. Sedangkan lajur B terdapat 8 rest area yaitu di Km 20, Km 49, Km 87, Km 116, Km 172, Km 215, Km 269 dan Km 306.

Kontributor : Mesuji Sekampung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here